Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

Tahapan Muslim Menguasai Media

Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Menguasai Media telah digaungkan saat Hari Raya ‘Idul Fitri, 1 Syawal 1437H, bertepatan Rabu, 6 Juli 2016. Saat umat muslim seharusnya bergembira, saat seharusnya berita-berita positif dan menggembirakan dikabarkan ke se-antero negeri, media mainstream yang tidak bertanggungjawab malah merusak hari bahagia tersebut dengan memframming berita-berita yang menyudutkan muslim bahkan Islam, baca lengkap disini.

Dengan latar belakang tersebut dan berbagai peristiwa sebelumnya dimana media sering kali tidak berimbang memberitakan peristiwa terkait Islam, bahkan tidak jarang melakukan framming, maka Gerakan Sejuta Umat bergulir, mendapat dukungan dari berbagai pihak, lewat form dukungan yang disediakan.

Untuk menindak lanjuti dukungan yang diberikan maka Fasilitator gerakan merancang tahapan pembentukan Perusahaan Pers yang akan jadi Badan Hukum dari Media milik umat.

Berikut Tahapan yang telah dan akan dilakukan untuk mewujudkan Muslim Menguasai Media:

    1. Tahap mengumpulkan dukungan.
      Dengan Target mendapatkan 10.000 dukungan secara online melalui form dukungan. Tahap ini tercapai dalam waktu kurang dari satu bulan sejak gagasan ini diluncurkan. Pengumpulan dukungan ini akan terus dilakukan sampai Perusahaan Pers didirikan.
    2. Tahap Verifikasi Data dukungan.
      Setelah 10.000 dukungan tercapai, Tim Verifikasi bekerja melakukan verifikasi atas dukungan yang diterima. Tujuan verifikasi adalah untuk memastikan pemberi dukungan valid dan dengan sukarela memberikan dukungan. Tahap verifikasi ini juga terus berlangsung selama form dukungan terus diisi dan akan dihentikan setelah Koperasi didirikan.
    3. Tahap Membentuk Group WhatssApp Provinsi (WAG).
      Semua pendukung yang telah diverifikasi, diundang melalui email untuk kesediaannya bergabung dalam WAG Provinsi. Bagi yang bersedia akan digabungkan sesuai Provinsi tempat tinggalnya. Setelah pendukung di suatu Provinsi bergabung maka dipilih lah salah satu anggota WAG untuk menjadi leader atau admin WAG. Leader inilah yang akan mengkoordinir group dan memfasilitasi terjadinya pertemuan silaturahim yang merupakan tahap berikutnya. Sampai saat ini telah terbentuk Group WAG seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Sampai tanggal 16 Oktober 2016, bila WAG Provinsi masih ada yang belum membentuk Pengurus Provinsi (Tahap 4) maka WAG nya akan dihapus dan anggota akan digabungkan ke Provinsi terdekat yang sudah terbentuk kepengurusan.
    4. Tahap Pembentukan Pengurus Provinsi.
      Setelah pendukung berkumpul di WAG Provinsi, maka fasilitator mendorong berlangsungnya pertemuan silaturahim antar anggota WAG. Tujuan pertemuan silaturahim ini adalah agar masing-masing anggota tidak hanya bertegur sapa di dunia maya tapi juga saling kenal di dunia nyata dan terbangun rasa saling percaya dan ukhuwah. Tujuan lainnya adalah terbentuk Pengurus Provinsi. Dengan terbentuknya pengurus provinsi maka secara de facto pengurus daerah sudah memiliki kekuatan untuk bergerak atas nama anggota. Sampai saat ini, 13 Oktober 2016, telah terbentuk 15 pengurus daerah. Dan pembentukan pengurus ini terus berlangsung.
    5. Tahap Membentuk WAG Nasional.
      Setelah WAG Provinsi terbentuk dan pengurus Provinsi terpilih, maka dibuatkan WAG Nasional, yang beranggotakan seluruh Pengurus Provinsi dan tim fasilitator. Dalam group inilah dilakukan diskusi dan pengambilan keputusan bersama langkah-langkah yang akan dilakukan dan keputusan penting terkait mewujudkan gagasan Muslim Menguasai Media.
    6. Tahap Pemilihan Bentuk Perusahaan Pers.
      Sesuai dengan UU Pers, maka sebuah perusahaan pers yang diakui dan dilindungi oleh UU Pers haruslah perusahaan yang berbadan Hukum. Bentuk badan hukum yang diakui adalah Perseroan Terbatas (PT), Koperasi atau Yayasan. Karena Perusahaan Pers yang akan dibangun juga menjalankan fungsi ekonomi, maka pilihan yang mungkin adalah PT atau Koperasi. Melalui diskusi dan dengan pertimbangan yang ada maka diambillah keputusan Perusahaan Pers yang akan dibentuk sebagai kendaraan Muslim Menguasai Media adalah Koperasi. Kenapa koperasi? bisa dibaca disini.
    7. Tahap Pembentukan Panitia Pendirian Koperasi.
      Setelah ditentukan jenis badan hukum Perusahaan Pers Muslim Menguasai Media, maka dibentuklan Panitia yang akan mempersiapakan deklarasi atau lahirnya Koperasi Media Umat. Kepanitiaan ini yang akan mengurus segala persiapan dan pelaksanaan Rapat Pendirian Koperasi, yang diputuskan akan dilakukan di Surabaya. Lengkapnya mengenai panitia, dapat dibaca disini.
    8. Tahap Deklarasi Pendirian Koperasi.
      Pada tahapan ini, Koperasi akan dideklarasikan dan didirikan secara legal sebagai badan hukum Perusahaan Pers sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Tempat Pendirian ditetapkan di Surabaya, yang insya Allah akan diadakan pada tanggal 19-20 November 2016. Ikuti terus di web ini dan berbagai saluran yang ada, informasi tentang deklrasi pendirian Koperasi Media Umat.
    9. Tahap Pembentukan Media.
      Setelah Koperasi didirikan dan legalitas didapat, maka Pengurus dan Managemen Koperasi sesuai amanah RAT pendirian dan program kerja yang dibuat, akan segera melahirkan media. Pilihan media yang akan dibuat akan disesuaikan dengan kemampuan Koperasi dan jaringan yang telah dibentuk.

 

Demikianlah 9 tahapan menuju cita-cita Muslim Menguasai Media.

Allahu Akbar…. insya Allah cita-cita mulia ini terwujud, dan Islam Rahmatan Lil ‘alamin makin membawa berkah bagi Indonesia.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme