Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

F.A.Q. Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media

6. Apa bentuk medianya?

Dalam media massa ada 2 entitas sesungguhnya, secara global:

    1. Perusahaan pers-nya sendiri yang memiliki media, namun tidak boleh turut campur urusan keredaksian, atau persnya sendiri. Perusahaan pers hanya mengurusi urusan bisnisnya saja dan mensupport media.
    2. Media itu sendiri. Nah inilah ‘pabrik’-nya. Walaupun berada dalam kepemilikan perusahaan pers, tapi media ini sendiri bekerja secara independen. Jurnalis secara aturan dan idealisme tidak boleh diintervensi oleh perusahaan pers.

Jika koperasi perusahaan pers telah berdiri, maka ada 2 opsi yang bisa dilakukan oleh manajemennya, tentu dengan menyerap aspirasi anggota koperasi. Opsi itu adalah :
1. Membuat media baru (jenisnya bisa apa saja tergantung mana yang paling memungkinkan).
2. Mengakuisi media yang sudah eksis.

Opsi mana yang akan diambil, kita serahkan nanti sepenuhnya pada manajemen dengan mempertimbangkannya secara profesional dan masukan dari anggota Koperasi.

Media yang kita miliki nanti harus dikelola secara profesional, sesuai kaidah jurnalisme, dengan nilai-nilai Islam dan menjadi rujukan utama Muslim Indonesia dalam mencari berita. Media tersebut juga menjadi rujukan, berkolaborasi dan mendukung media-media muslim yang saat ini sudah ada, yang berusaha keras tetap eksis dengan segela keterbatasan.

Berbagai media dan portal muslim yang ada saat ini, berat bersaing dengan media-media mainstream. Oleh karena itu, kedepan dengan adanya Koperasi Pers milik umat ini bisa juga mensupport media muslim yang sudah ada. Berita-berita, karya-karya jurnalisme bermutu dari Koperasi Pers milik umat ini, harus bisa di-deliver ke media-media yang sudah eksis, agar mereka tetap bisa tumbuh dan bersama-sama berkembang.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme