Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

F.A.Q. Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media

4. Bagaimana cara gerakan kita menguasai media?

Apakah muslim patungan dana untuk mengakuisisi media besar yang sudah ada?
Ataukah kita mau membuat media sendiri?

Perusahaan pers sesuai UU pers haruslah berbadan hukum. Dan pilihan badan hukum yang dapat digunakan oleh perusahaan pers adalah Perseroan Terbatas (PT), Koperasi atau Yayasan. Karena Perusahaan Pers yang kita bangun juga merupakan wadah kekuatan ekonomi umat yang berpotensi menghasilkan ekonomi maka pilihan yang sesuai adalah PT atau Koperasi.

Target awal gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media adalah membentuk kelembagaan Perusahaan Pers milik umat. Apakah Perusahaan Pers ini nantinya akan memutuskan membuat media baru, atau mengembangkan yang sudah ada, bahkan jika sanggup, cukup kuat, misalnya mengambil kembali REPUBLIKA yang dulu memang digagas pada tahun 1993 sebagai media milik umat. Itu tergantung seberapa banyak muslim yang mendukung gerakan ini.

Belajar dari kasus Republika, yang awalnya didirikan sebaga media milik Umat tapi kemudian lepas ke sebuah Group Usaha, perusahaan Tbk. Salah satu penybeba lepasnya Republika adalah bentuk badan usaha yang memayungi. Bagaimana bisa dikatakan milik umat, jika Perusahaan Pers yang dibentuk adalah badan hukum PERSERO, sebuah PT, yang merupakan KUMPULAN MODAL. Sebagaimana diketahu, PT adalah badan usaha berbadan hukum yang merupakan kumpulan modal bukan kumpulan orang atau umat. Dimana jumlah modal lah yang menentukan masa depan dari suatu usaha, bukan UMAT yang menentukan. Republika lepas dari umat karena komposisi MODAL berubah, pemodal terbesarnya tidak lagi umat tapi sebuah Group Usaha. Dan konsekwensi logisnya berubahlah isi Republika, tidak lagi sepenuhnya menyuarakan kepentingan Umat.

Oleh karena itu, Perusahan Pers yang akan kita bangun haruslah badan hukumnya nanti berupa KUMPULAN ORANG, bukan kumpulan modal. Kumpulan orang-orang yang satu visi, satu tujuan, yaitu Muslim yang bersatu-padu untuk menguasai Media, yang BERGOTONG ROYONG menguasai media. Dan badan hukum yang tepat untuk itu adalah KOPERASI.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme