Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

F.A.Q. Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media

1. Apa yang mendasari lahirnya gerakan?

Lahirnya gerakan ini didasari karena keprihatinan yang sama. Keprihatinan bahwa selama ini media mainstream (arus utama) di Indonesia, baik yang elektronik, cetak, maupun online, pola dan perilaku pemberitaannya dinilai kian hari kian meresahkan umat Islam.

Umat Islam sering kali ‘didzalimi’ lewat aneka bombardir pemberitaan negatif. Lewat framing culas, adu domba, informasi tidak berimbang (tidak cover bothside), serta aneka trik kotor lainnya yang ujung-ujungnya merugikan umat dan mengancam keutuhan kerukunan beragama.

Sebagai contoh ketika lebaran Idul Fitri 1437H, salah satu media mainstream memberitakan soal sampah yang menggunung pasca sholat Ied. Di hari yang sama diberitakan menteri agama terlambat menghadiri sholat Ied. Tanpa crosscek kebenarannya. Berita tersebut menjadi viral di media sosial. Framing yang ingin dibentuk oleh media adalah menciptakan kesan bahwa Islam dan pemeluknya adalah “bermasalah”. (Tanpa kita sadari) arah framing tersebut adalah menghadirkan stigma: umat Islam tidak layak dijadikan panutan apalagi dipercaya mengurusi negara.

Sementara muslim terus didiskreditkan, (lagi-lagi tanpa disadari) muslim menjadi konsumen setia media itu sendiri. Semakin muslim mengkritisi, justru semakin viral berita tersebut.

Ironis memang, umat Islam yang mayoritas, justru menjadi minoritas dalam kepemilikan media. Umat Islam hampir-hampir tidak memiliki media mainstream yang berpihak pada kepentingan umat, padahal ini abad Informasi, siapa yang menguasai Informasi (media) dialah yang memimpin.

Oleh karena itu, penting sekali bagi umat Islam untuk mulai membangun media yang memberikan informasi yang baik, adil, dan berimbang sekaligus yang mendidik. Media yang berpihak pada kebenaran dengan etika jurnalisme, berimbang, dan bertanggungjawab. Diharapkan media tersebut nantinya mampu berperan signifikan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Itulah mimpi kita, yang harus bisa kita wujudkan.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme