Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

F.A.Q. Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media

10. Kapan pendukung gerakan bisa mulai mendaftar sebagai anggota koperasi?

Lanjutan dari kegiatan pada poin 9, setelah melakukan silaturahim propinsi (kopi darat) dan terbentuk pengurus, yang tentunya sudah cukup kuat legitimasinya mewakili anggota, maka kita akan memulai pendaftaran anggota koperasi di propinsi tersebut, yang dikoordinir oleh pengurus propinsi.

Pendaftaran kesediaan menjadi anggota koperasi baru akan dilakukan jika pengurus propinsi sudah terbentuk. Daerah yang belum mempunyai kepengurusan propinsi dan tidak memungkinkan membentuk kepengurusan propinsi akan digabungkan dengan daerah terdekat.

Ketua pengurus daerah (provinsi) melakukan sosialisasi, menyebarkan dan mengoleksi kembali form “Pernyataan Kesediaan Menjadi PENDIRI dan/atau ANGGOTA Koperasi”. Pengurus daerah dilarang menerima anggota koperasi di luar grup WA, termasuk menghimpun setoran Simpanan.

Untuk sementara uang calon anggota koperasi ditampung dulu oleh bendahara masing-masing pengurus. Rekening bisa menggunakan rekening bersama (misal atas nama Ketua & Bendahara) atau rekening pribadi, asal semuanya menggunakan prinsip akuntabel dan transparan.

Setelah Panitia Pendirian Koperasi terbentuk, uang dari masing-masing bendahara pengurus daerah wajib disetor ke Bendahara Panitia Pendirian Koperasi. Batas waktunya akan ditentukan oleh Panitia Pendirian.

Setelah tahap mendata dukungan real untuk menjadi anggota koperasi dari suatu propinsi. Paralel seluruh ketua pengurus propinsi berdiskusi dan memutuskan syarat-syarat menjadi anggota koperasi terutama terkait dengan besaran jumlah Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib. Hingga FAQ ini di susun, keputusan bersama telah diambil, maka itulah yang jadi syarat menjadi anggota koperasi secara nasional.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme