Sejuta Umat Mendukung

| Gerakan Gotong Royong #MuslimKuasaiMedia

F.A.Q. Gerakan Sejuta Umat Gotong Royong Untuk Media

9. Apa tujuan dibentuk grup-grup WA Propinsi saat ini?

Gerakan Sejuta Umat dibangun dari daerah-daerah. Mereka yang telah memberikan dukungan dengan mengisi form dukungan diundang untuk masuk ke dalam grup WA propinsi berdasarkan domisilinya. Hanya yang menyatakan kesediaan yang masuk grup.

Kemudian, para anggota grup di propinsi diminta mengadakan pertemuan secara offline (kopdar) untuk membentuk kepengurusan yang terdiri dari minimal ketua, sekretaris, bendahara, dan tim IT/Medsos. Pengurus itulah yang nantinya diharapkan dapat mewakili atau menjadi pengurus dari anggota koperasi di propinsi. Anggota koperasi adalah semua orang yang memberikan dukungan dan menjadi anggota koperasi yang memenuhi syarat dan kewajiban yang ditetapkan AD/ART Koperasi.

Grup WA itu penting untuk koordinasi gerakan di daerah, juga legitimasi bagi orang yang dianggap mewakili propinsi saat konsolidasi nasional. Karena format gerakan kita ini bottom-up, sehingga cara-cara membentuk organ propinsi/wilayah akan membuat ada legitimasi.

Jika telah terbentuk pengurus di propinsi, artinya sudah ada yang mengkoordinasi dan mengembangkan gerakan ini. Bila jumlah anggota grup yang berasal dari sebuah kota/kabupaten itu besar, maka bisa membentuk grup kota/kab sendiri. Dan jika dikaitkan dengan media pers, kota/kab itu bisa kita bentuk Biro.

Jadi sistem jejaring untuk mengkapitalisasi potensi umat, baik sisi ekonomi, sisi jejaring berita, sisi kekuatan pembaca, langsung terbentuk.

Sejuta Umat Mendukung © 2016 Frontier Theme